14 November, 2008

sebuah cerita di selatan jakarta..

tak henti2nya aku selalu mengingat pelajaran yang harus dan mentah2 kuambil di setiap langkah di pagi hari...


dua hal yang bertolak belakang, kontras, dan sebetulnya tidak ada relevansi diantara keduanya, sesuatu hal yang hampir tidak termaknai oleh hati yang riang gembira..


pagi hari menjelang siang setiap hari ketika aku berangkat menuju harap..disebuah jalan raya yang terbagi menjadi dua bagian, sisi kanan dan sisi kiri.., dua hal tersebut adalah tempat pembuangan sampah dan tempat pemakaman umum (tidak menarik bagi beberapa orang, namun menarik buat aku..)..


disisi kiri jalan saat aku berjalan terlihat banyak para pekerja pemulung sampah bergulat dengan berbagai varian sampah, dari sampah kering hingga sampah basah yang apabila didekati baunya minta ampun.., aku membayangkan apabila aku ada di situ dan menggantikan pekerjaan mereka terus terang saja, aku tak sanggup...tiap pagi..tiap siang dan itu terjadi berulang2 entah hingga kapan para pekerja itu setia dengan pekerjaannya..


namun ada hal menarik yang bisa diambil dari fenomena tempat pembuangan sampah tersebut..etos kerja..ya!! etos kerja merekalah yang bisa diambil dan diselami, tak tampak guratan wajah capek dan lesu..murung, sedih, sakit, yang ada hanyalah senyuman yang tersungging di bibir mereka, yang ada hanyalah pikiran bagaimana aku bisa survive bersama keluargaku?..semangat yang berapi-api untuk menghadapi hidup yang keras..


masih ditempat yang sama di jalan yang sama namun ada di seberang tempat pembuangan sampah, terdapat bangunan pagar tembok mengelilingi sebuah pemakaman umum, tenang, sejuk, damai, dingin serasa tak terganggu oleh kebisingan dunia yang keras..


"hmmmm ya.."


dua hal yang berbeda, namun satu dalam arti..dimana kekuatan emosi pada diri manusia sedang dipertaruhkan..bertahan!!! atau mati!!!

0 komentar: