12 November, 2008

2 hal yang mengingatkan

pagi2 menjelang siang disaat beberapa orang sibuk dengan aktifitas masing2.., aku selalu berjalan melewati jalan itu, selalu dan selalu..


ada dua hal yang sangat kontras dan bahkan kalo aku bilang miris sekali untuk diingat2, sebuah tempat dimana beberapa orang mencoba untuk bertahan hidup..dimana harapan2 sederhana mereka tambatkan di tempat itu.., sesekali jalanku terhenti namun tak lama karena sesuatu itu sangat tidak mengenakkan di indera penciumanku..


berjajar rapi bak tentara mengadakan apel rutin di kesatuannya.., duduk2 di tepian jalan yang ramai lalu lintasnya dan tidak kenal belas kasihan, yang cepat dan kuat dialah yang menang.., kupandangi wajah mereka satu persatu, tak tampak wajah murung, sedih, putus asa, frustasi atau sifat2 buruk manusia lainnya.., yang ada hanyalah senyum..senyum, tertawa lebar bercanda dengan teman2 sesamanya..tak lupa di sela2 jari mereka terselip rokok favorit sebagai teman bercandaan mereka..


"huh..sial, kenapa orang2 itu bisa tersenyum senang?"...


disisi lain tetap di jalan yang sama ketika aku melaluinya setiap pagi.., kesejukan menaungi tempat itu.., tak ada aktifitas apapun berada di tempat itu.., tidak ada tampak persaingan ketat untuk bertahan hidup..kejar2an, saling sikut, hantam sana hantam sini.., semua itu tidak ada..semua itu di tempat ini hanyalah sebuah fatamorgana...tak teraih hingga sepi mengelilingi..namun sepi itu menemani..sepi itu sebuah kenyamanan dan kewajaran..


"uuuuuuuuuhhhhhhh...kesepian yang merajam ulu hati kembali membara..!!"...


dua hal yang sangat berbeda tetapi tetap mempunyai inti..tetap mempunyai arti .dengan penafsiran yang (entah) akan berbeda ataukah sama..

0 komentar: